Search This Blog

Monday, October 8, 2018

Jenis-Jenis Perangkat Jaringan

Apa Itu Repeater ???

Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal Wi-Fi yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal Wi-Fi. Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (Client) dan untuk menyebarkan lagi sinyal Wi-Fi (Accsespoint).
Dan itu adalah contoh gambar dari Repeater.


Apa Itu Bridge ???

Dalam dunia internet ada perangkat keras yang disebut dengan bridge, fungsi bridge dalam jaringan komputer sangat penting. Dalam bahasa inggris bridge berarti jembatan, artinya mampu menghubungkan jaringan LAN yang memakai tipe jaringan yang berbeda. Misalnya Ethernet dan Fast Ethernet bisa dihubungkan oleh bridge.
Dan ini adalah contoh dari gambar Bridge dalam jaringan komputer.


Apa Itu NIC ???

NIC atau kartu jaringan adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis yakni NIC yang bersifat fisik dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya. Sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut MAC Address, yang dapat bersifat tetep (statis) atau dapat diubah (dinamis) oleh pengguna.
Dan ini adalah contoh dari gambar NIC.

No comments:

Post a Comment